- uptdsmpn1datuk50@gmail.com

UPTD. SMP NEGERI 1 DATUK LIMA PULUH: SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Sebagai rangkaian dari Program Sekolah Penggerak Tahun 2021 yang dicetuskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, UPTD. SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh, tepat pada Senin 09 Agustus 2021 menyelenggarakan Sosialisasi Program Sekolah Penggerak secara daring.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan kebijakan Kemendikbud dan UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh, informasi seputar Program Sekolah Penggerak dan tahapannya, bagaimana tahapan yang sudah dilaksanakan,” kata Kepala UPTD. SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh, Tobok Luhut Situmorang,M.Pd.

Sosialisasi menggunakan fasilitas video conference (Google Meet-Gmeet) ini melibatkan Dinas Pendidikan Komite Sekolah, Komite Pembelajaran, Bapak Ibu Guru serta Orangtua Siswa UPTD. SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh. Kegiatan ini baru perdana dilakukan bersama Orangtua secara Daring sehingga masih banyak kebingungan bagaimana penggunaan aplikasinya. Tapi perlahan orangtua dapat menggunakan karena sebelumnya para guru sudah melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi ini.

Kegiatan ini dibawakan oleh Bapak Ari Wahyudi, S.Pd (Pembina OSIS), dilanjut dengan Doa oleh Bapak Hermansyah, S.Pd (Komite Pembelajaran) dan Sosialisasi Oleh Tobok Luhut Situmorang dan Ibu Isnanizar (Guru BK) dan Arahan dari Komite Sekolah. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 300 orang peserta

“Diharapkan melalui sosialisasi Program Sekolah Penggerak, sebagai katalis mempercepat untuk pencapaian Profil Pelajar Pancasila. Program ini menjadi tolak ukur kita bahwa tidak hanya melibatkan orientasi siswa tapi juga kepada kepala sekolah, pengawas, penilik, dan semua guru secara bersama-sama untuk membangun percepatan perubahan pengajaran di sekolah. Ada paradigma yang harus menjadi perubahan tolak ukur kita ke depan, bahwa Program Sekolah Penggerak ini diharapkan mampu memberikan perubahan yang berarti untuk kemajuan pendidikan di Indonesia,” ujar Tobok Situmorang

Seiring dengan Program Kemendikbud bahwa Sekolah Penggerak akan melakukan Penyempurnaan Kurikulum bagi Kelas VII menggunakan Kurikulum Merdeka dan menerapkan Profil Pelajar Pancasila sebagai kesatuan dalam pembelajaran bukan hanya untuk kelas VII namun juga seluruh siswa. Untuk semester Pertama ini UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh akan melakukan 3 Tema Projek yaitu Bangunlah Jiwa Raganya, Kewirausahaan dan Suara Demokrasi.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan memberikan gambaran tentang Sekolah Penggerak khususnya tentang Program di UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh.