- uptdsmpn1datuk50@gmail.com

MPLS HARI-I  SPENSA DALIPU BERJALAN DENGAN BAIK

Hari Pertama Masuk Sekolah UPT. SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh Tahun Pelajaran Tahun 2022/2023 diawali dengan Apel Pagi yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Tobok Luhut Situmorang, M.Pd. Dalam hal ini Kepala Sekolah menyampaikan agar Seluruh siswa UPT SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh menjadi Pelajar yang melakukan Profil Pelajar Pancasila dan menerapkan Dimensi Dimensinya (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) Berkebinekaan global, (3) Bergotong-royong, (4) Mandiri, (5) Bernalar kritis, dan (6) Kreatif. Lanjut disampaikan pak Tobok Luhut Situmorang yang juga merupakan Kandidat Doktor ini untuk menerapkan Elemen dan Sub Elemen nya dalam Projek Profil Pelajar Pancasila yang merupakan salah satu Program SEKOLAH PENGGERAK. 
Dalam hal ini Kepala Sekolah juga mengucapkan ribuan Terimakasih kepada Bupati Batu Bara BApak Ir. H.Zahir, M.AP dan Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara Bapak Ilyas. S. Sitorus, SE, M.Pd atas dukungannya pada Pendidikan Kabupaten Batu Bara Khususnya UPT SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh sehingga Kegiatan MPLS dapat dilaksanakan dengan Tatap Muka. Dan seluruh Masyarakat yang memberikan Kepercayaan kepada Spensa Dalipu dalam mendidik anak anaknya dengan program program yang baik kedepannya. 
Setelah apel Pagi selanjutnya Pembagian Ruang Kelas yang disampaikan PKS Kesiswaan Bpk Sulaimannuh Arma, S.Pd, Kelas VIII dan Kelas IX serta Ruang Kelas VII Untuk MPLS. MPLS Hari I Spenda Dalipu Berjalan dengan Baik, adapun kegiatan antara lain

1. Penyematan Atribut MPLS

Selama masa MPLS Maka siswa masih menggunakan Atribut MPLS, Topi Pot Bunga dan Dasi Papan Nama dengan tujuan. Diharapkan siswa dengan Topi Pot Bunga diakhir Kegiatan dapat digunakan sebagai Hiasan dikelas masing masing dengan Aksi Penanaman Bunga. Adapun yang menjadi Perwakilan Siswa yang disematkan
GAMALIEL DOLI.S (Putra) asal SD NEGERI 11 SAUMANGANYA Sumatera Barat
ANYA GRACIA LUMBAN GAOL (Putri) asal UPT. SD NEGERI 01 LIMA PULUH KOTA Sumatera Utara
Setelah mereka disematkan maka seluruh siswa juga secara bersamaan menggunakan Atribut MPLS selama MPLS berjalan.
2. Perkenalan Seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Dalam Hal ini Kepala Sekolah Memperkenalkan Seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan UPT SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh yang dimulai dari Wakil Kepala Sekolah : Boni Simbolon, S.Pd sampai Tenaga Kependidikan. Seluruh Dewan Guru berbaris dan diperkenalkan satu persatu dihadapan seluruh siswa dengan harapan seluruh Peserta MPLS mengenal Bapak ibu Dewan Guru serta Tenaga Kependidikan yang ada di Spensa Dalipu

3. Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Awal
Asesmen Diagnostik Awal dilaksanakan pada 6 Ruang dan setiap ruang ditugaskan 3 orang Guru dalam melaksanakan Asesmen. Dalam kegiatan Asesmen ini dilakukan khusus bagi kelas VII secara 3 Tahap:
- Tes Baca Tulis
- Wawancara (Diagnostik Non Kognitif)
- Tes Tertulis (Diagnostik Kognitif)
Dari hasil namanya asesmen diagnostik bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa  dan mengetahui kondisi awal siswa.
Asesemen Non Kognitif :

• Mengetahui kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa
• Mengetahui aktivitas selama belajar di rumah
• Mengetahui kondisi keluarga siswa
• Mengetahui latar belakang pergaulan siswa
• Mengetahui gaya belajar, karakter serta minat  siswa

Asesmen Kognitif :

• Mengidentiļ¬kasi capaian kompetensi siswa
• Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan kompetensi rata-rata siswa
• Memberikan kelas remedial atau pelajaran tambahan kepada siswa yang kompetensinya di bawah rata-rata
4. Pemberangkatan JAMDASU 
Dalam sela sela MPLS kami memberangkat Putra Putri Terbaik GUDEP 10.031-10.032 Pangkalan UPT SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh akan mengikuti Jambore Daerah Sumatera Utara di Bumi Perkemahan Sibolangit. Pesan kami jadilah History Maker dan tetap Excellent Servant Teruslah berkibar.
Adapun anak anak yang berangkat adalah
Retno Ajeng Syafira
Alif Dermawan
Wira Arya Kamal
Muhammad Iqbal Hariri

Tidak Lupa Kepala Sekolah Sekaligus Kamabigus UPT SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh mengucapkan banyak terimakasih Buat Kakak Pembina, Orangtua Siswa yang selalu Support Mereka dalam berprestasi.
Semoga Kegiatan MPLS Hari berikutnya dapat berjalan dengan lancar dengan harapan tidak ada lagi Kegiatan Kegiatan Perundungan/ Perploncoan dalam kegiatan MPLS ini. Namun biarlah semakin Aksi Nyata yang Positif dalam kegiatan ini demi Majunya Pendidikan.

Salam Penggerak!
Excellent Servant
Hisory Maker