- uptdsmpn1datuk50@gmail.com

UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara mengadakan pesantren kilat walaupun dalam suasana keadaan Virus Covid 19 yang selama satu tahun ini kita rasakan. Anak- anak kita telah lama belajar dengan tidak tatap muka, tetapi guru-guru di UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh dengan sabar dan tabah mendidik siswa-siswinya tidak ada perasaan tidak senang, itulah jiwa seorang pendidik atau pemimpin Bapak Bupati kita IR. H. ZAHIR.MAP yang selalu memberikan semangat dan pembinaan kepada guru-guru pendidik dan sesuai dengan protokol kesehatan di setiap pertemuan.

Pesantren kilat ini dibuka pada tanggal 19 April sampai dengan 3 Mei 2021. Didalam pesantren kilat diajarkan bagaimana cara menghargai orang tua, menghargai teman sebaya dan anak kecil. Bila menghargai seorang guru siswa-siswi harus memakai bahasa yang sopan sesuai dengan hadis yang diriwayatkan bukhori “ AL ADABA FAUQOL ILMU” yang artinya adap itu atau karakter itu lebih tinggi dari ilmu. Hal ini yang menjadi dasar keluarga besar UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara dengan semangat yang besar dan dorongan oleh Bapak Tobok Luhut Situmorang, M.Pd sebagai Kepala Sekolah UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara.

 

Pesantren kilat ini juga tak lepas dari gagasan guru Agama Islam yaitu Ibu Ainun S,Ag yang membimbing siswa – siswi berakhlak dan berbudi pekerti yang baik. Beberapa orang guru yang membimbing anak dalam tausiah secara bergantian ada Bapak Sulaiman Nuh Arma ,S.Pd,dan Bapak Hermansyah ,S.Pd yang memberikan Tausiah kepada siswa-siswi pesantren kilat kelas VII dan VIII yang diadakan di Musolla “AL IKHLAS” UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh Melalui pesantren kilat ini guru –guru dapat membentuk karakter siswa-siswi yang lebih baik.”Ujarnya”.

 

Melalui Bapak Komite Sumardi menyambut dengan gembira dengan adanya pesantren kilat ini dan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Batu Bara khususnya Bapak Kepala Dinas pendidikan Bapak Ilyas Sitorus,SE M.Pd yang sudah memberikan jadwal keagamaan pesantren kilat di bulan ramadhan ini. Atas kebijakan Kepala Sekolah Bapak Tobok Luhut Situmorang,M.Pd melalui kinerja guru-guru dalam kegiatan pesantren kilat ini siswa-siswi dapat membentuk karakter dan menjadi insan yang berbudi luhur dan menyayangi kedua orang tua.’’ Ujarnya” Kami guru-guru UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara sungguh merasa bangga dengan Kepala Sekolah kami Bapak Tobok Luhut Situmorang M.Pd dapat bersatu dan bekerja sama dalam menjalankan peraturan yang sudah ditetapkan dalam rangka mewujudkan karakter berbudi pekerti luhur yang harus,berakhlak mulia,baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.”Ujarnya”.

Dan Diakhir kegiatan Dilakukan Buka Bersama Keluarga Besar Pendidik dan Tenaga Pendidik untuk menjalin silaturahmi, dengan harapan semua dapat menjalankan ibadah puasa.