- uptdsmpn1datuk50@gmail.com

Belajar Membuat Karya Tulis Ilmiah

SUPRIADI, S.Pd (Guru Bahasa Indonesia)

 

Dalam proses belajar-mengajar di sekolah, sudah menjadi harapan setiap guru agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya. Banyak guru yang pada saat ini hanya bisa menjalankan tugasnya sebagai seorang pengajar tetapi tidak bisa menjadi seorang pendidik bagi siswa-siswanya. Oleh karenanya, banyak siswa yang menunjukan tidak dapat mencapai hasil belajar sebagaimana yang diharapkan meskipun telah diusahakan dengan sebaik-baiknya oleh guru.

Guru merupakan sumber daya manusia yang potensial bagi pengembangan kreativitas siswa dalam berbagai aspek. Seorang guru mempunyai kewajiban membentuk siswa mencapai kedewasaannya masing-masing, hal ini merupakan salah satu ciri keberhasilan tujuan pendidik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Partisipasi guru dalam pelayanan peserta didik menduduki peringkat teratas, artinya setiap guru harus memahami fungsi terhadap pelayanan peserta didik. Letak pertisipasi aktif guru dalam pelayanan peserta didik tercermin dalam kegiatan proses pendidikan yang berlangsung selama kegiatan pendidikan itu terjadi.

Dalam pembelajaran Karya Tulis Ilmiah yang saya terapkan kepada siswa adalah:

  • Siswa diberi penjelasan tentang cara membuat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah.
  • Siswa diberikan untuk membuat pertanyaan-pertanyaan secara mandiri.
  • Siswa diberi kesempatan untuk mempraktikan wawancara dengan pedagang yang ada di lingkunan sekolah

Berikut beberapa  gambar siswa siswa praktik wawancara dengan para pedagang yang ada dilingkungan sekolah.

     

 

    

Demikianlah pembelajaran Karya Tulis Ilmiah yang saya lakukan. Dalam rangkah memberikan pengalaman yang berharga kepada para siswa agar dapat berkomunikasi langsung dengan para pedagang yang ada di sekitar lingkunga  sekolah. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan untuk membuat Karya Tulis Ilmiah. By Supriadi, S.Pd