- uptdsmpn1datuk50@gmail.com

ARTIKEL ICE BREAKING SEDERHANA

Kejenuhan Dalam Belajar Dapat Diatasi Dengan Melakukan Ice Breaking Sederhana

Oleh : JULIANITA, S.Pd. (Guru Bahasa Indonesia UPT SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh)

Ice Breaking adalah kegiatan yang dilakukan  untuk menghilangkan rasa jenuh, rasa bosan atau lelah dalam pembelajaran. Ice breaking dapat dilakukan diawal, ditengah atau diakhir pembelajaran. Kita sebagai pendidik dapat melakukan ice breaking agar peserta didik menjadi semangat dalam belajar, untuk memahami dan mengikuti proses pembelajaran. Ice breaking berupa satu kegiatan yang digunakan untuk menambah keakraban antara peserta didik di dalam kelas, ice breaking dapat menghibur peserta didik dalam melanjutkan pembelajaran.

Dalam hal menerapkan ice breaking sederhana di dalam kelas,  pendidik terlebih dahulu memberikan  cara atau aturan permainan kepada peserta didik. Permainan ice breaking tepuk tangan permainan tepuk tangan merupakan permainan yang sangat mudah dilakukan untuk menghibur peserta didik. Pendidik mengarahkan peserta didik untuk berdiri dan mulai bertepuk 1 kali, bertepuk 2 kali, bertepuk 3 kali, bertepuk 3 dan 1,  sampai diulang 2 atau 3 tepukkan tangan.Sampai  peserta didik merasa terhibur dengan apa yang pendidik arahkan kepada peserta didik.

Berikut foto siswa saat  melaksanakan ice breaking di tengah pembelajaran di dalam kelas:

Oleh karena itu,  marilah kita lakukan ice breaking kepada peserta didik agar peserta didik merasa bersemangat,  menyenangkan pada saat mengikuti pembelajaran. (JL)